Jumat, 30 Desember 2016

Ingat, Ada 8 Manfaat Dan Bahaya Ikan Asin Bagi Kesehatan.

Kesehatan - Apa kabar sobat, entah mengapa hari ini admin mendadak kepengen banget makan ikan asin. Tapi ngomong-ngomong soal ikan asin atau yang lebih dikenal dengan sebutan ikan kering, admin pasti teringat dengan kenangan enam tahun admin saat menempuh pendidikan di pondok pesantren, hampir enam tahun lamanya, dan jika di kira-kira mungkin ada ribuan ikan asin yang telah admin makan selama menjadi santri di pondok pesantren. hehe

Itu dulu kisahku sekitar 15 tahun yang lalu, namun setelah admin pikir-pikir, apasih manfaat ikan kering bagi kesehatan, kenapa justru saat admin mondok dipesantren dulu, paka guru atau ustad menganjurkan para santri untuk mengkonsumsi ikan asian tiap harinya. Ada apa? apakah harganya yang murah? atau ada kandungan penting dalam ikan asin, sehingga menu kantin asrama selalu menyajikan ikan asin tiap harinya.

Untuk menjawab rasa penasaran ini, akhirnya admin berusaha mencari tahu dan mengumpulkan hampir 100 artikel dan beberapa literatur buku dan majalah untuk menguak fakta dibalik ikan yang rasanya asin ini. Dan berikut rangkumannya.

MANFAAT IKAN ASIN BAGI KESEHATAN

(1) Menjaga daya tahan tubuh dan sebagai Sumber energi
Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Apabila daya tahan tubuh anda bagus, maka anda akan tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

100 gr ikan asin kering dapat memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Hal ini dapat membantu mencukupi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Terutama bila dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.

(1) Mencegah terjadinya anemia
Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan gejala kekurangan darah. Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam meproduksi sel darah dan dapat mencegah anemia. Berikut ini adalah beberapa gejala dari anemia :

  1. Mudah merasa lelah
  2. Muncul gejala 5L ( Letih, lemah, lesu, lemas, lunglai )
  3. Sering merasakan pusing dan sakit kepala
  4. Sering tidak fokus dalam melakukan aktivitas
  5. Memiliki resiko tinggi terserang beberapa penyakit
(3) Kesehatan tulang dan gigi dan Membantu penyembuhan luka
Ikan asin memiliki kandungan manfaat kalsium dan fosfor yang tergolong tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki kandungan fosfor sebanyak 300 mg dan kandungan kalsium sebanyak 200 mg. fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita dan memiliki manfaat lain yaitu :
  1. Menambah tinggi badan pada masa pertumbuhan
  2. Mencegah osteoporosis
  3. Mencegah kelainan pada tulang
  4. Memperkuat struktur tulang
Manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Namun mungkin hal ini tidak berlaku apabila anda mengalami hemofilia. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari manfaat zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gr ikan asin.

(4) Mengurangi resiko kanker kulit dan Dapat menjaga kesehatan mata
Vitamin E yang terkandung pada manfaat ikan asin dapat melindungi anda dari paparan sinar ultraviolet. Dan dapat mengurangi, bahkan mencegah terjadinya kanker kulit, yang disebabkan oleh radiasi sinar UV. Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vtamin juga sangat baik bagi ketahanan dan imunitas tubuh anda. Manfaat vitamin A ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata anda, seperti :
  1. Mencegah terjadinya katarak
  2. Mencegah mata minus dan plus
  3. Mencegah degeredasi makula
(5) Dapat mencegah penyakit jantung.
Ikan asin ternyata memiliki kandungan manfaat omega 3 yang cukup tinggi. Selain itu, manfaat ikan asin juga memiliki kandungan kolesterol baik yang tinggi. Karena itu ikan asin sangatlah baik untuk mencegah penyakit jantung dan beberapa gangguan jantung. Begitu pula dengan kolestrol, karena omega 3 pada ikan asin dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh.

Jika ada manfaat maka ada juga bahayanya jika ikan asin di konsumsi secara berlebihan, berikut tiga bahaya jika terlalu banyak mengkonsumsi ikan kering bagi kesehatan tubuh kita.

 BAHAYA MENGKONSUMSI IKAN ASIN

(1) Rentan tercemar logam berat
Memang ikan asin adalah salah satu makanan yang cukup banyak di gemari dan di senangi. Selain murah, rasaya yang menjanjikan lidah tidak ada yang mampu menandingi. Maka tak salah, banyak ibu ibu yang pandai mengolah bahan membeli bahan ini. Sayangnya tidak semua kandungan yang ada pada ikan asin ini baik untuk tubuh. Beberapa penelitian yang baru baru ini di lakukan, menyebutkan bahwa ada ikan asin yang berbahaya. Yakni mereka yang tinggal di sekitar industri, atau berada pada pembuangan limbah industri. Biasanya ikan ikanan ini juga ikut tercemar oleh logam berat. sangat berbahaya jika sampai di konsumsi oleh manusia.

(2) Resiko tinggi terkena penyakit darah tinggi
Sudah di jelaskan, bahwa bahaya ikan asin merupakan makanan yang mengandung garam yang tinggi. salah satunya di buktikan dengan model penyimpanan makanan ini menggunakan banyak garam untuk mengawetkannya. Bahkan melebihi target batas normal konsumsi garam. Jika manusia terus menerus mengkonusumsinya, ternyata tidak baik untuk tubuhnya. Salah satunya adalah beresiko terkena penyakit darah tinggi. salah satu penyebab pasien terkana darah tinggi ini adalah memiliki keadaan garam yang tinggi dalam tubuhnya.

(3) Beresiko tinggi terkena kanker
Kandungan satu jenis nutrisi pada tubuh tidak akan berdampak baik pada diri anda. karena seharusnya di hidangkan dalam proporsi yang pas, tepat, dan balance atau seimbang. Sayangnya, jika anda sudah berada di depan ikan asin, jawaban untuk menolak makana ini susah. Citra diri ikan asin sangat lidah dan menggiurkan lidah anda. padahal terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin tidak baik untuk tubuh anda. mengapa?

Dalam ikan asin mengandung banyak kandungan garam. Padahal normalnya seseorang hanya boleh sampai 5 gram setiap harinya. Jumlah ini lebih banyak dari porsi ikan asin di awetkan dalam kotak penyimpanan. Sayangnya jika tubuh anda kelebihan proporsi kandungan garam, akan berdampak negatif. Salah satunya adalah resiko terkena kanker. Kandungan garam yang terlalu banyak akan meningkatkan resiko kanker sebanyak 15%.

CIRI_CIRI IKAN ASIN BERBAHAYA.
Ikan asin merupakan olahan ikan yang diawetkan, dan jenisnya bisa dari beragam, dari ikan air laut maupun air tawar. Dari perkotaan hingga pedesaan, ikan asin sering dihidangkan di meja makan. Ikan asin merupakan penawar kala kita menyantap makanan pedas. Banyaknya permintaan ikan asin, membuat produsen terkadang kewalahan untuk memenuhinya, terutama di kala musim pceklik ikan terjadi, yang biasanya terjadi pada saat musim hujan. Banyak pelaut yang mengurangi tangkapannya, bahkan ada yang tidak melaut, sehingga olahan ikan awetan ini menjadi berkurang.

Sehingga membuat produsen ikan asin harus memutar otak, agar bisa mengawetkan ikan seawet-awetnya, walaupun dengan "meracuni" ikan olahan tersebut. Mereka terkadang menggunakan bahan-bahan berbahaya, agar ikan asin mampu bertahan lebih lama lagi. Walaupun ada himbauan di papan reklame, namun tak membuat mereka berhenti membuat ikan asin dengan cara-cara yang curang. Bahan seperti tawas, borak, bahkan pemutih, mereka tambahkan demi membuat ikan asin lebih awet, terlihat bagus dan tahan lebih lama lagi.

Namun tentu hal tersebut merugikan konsumen, yang mengkonsumsi ikan tersebut. Untuk membedakan ikan asin berbahaya dan tidak, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Warna
Ikan asin berbahaya biasanya berwarna putih, cerah dan cenderung bersih putih. Hal itu dikarenakan banyak konsumen yang menyukainya, karena berkaitan dengan kebersihan dalam pengolahan. Namun hal tersebut salah, karena ikan asin alami, biasanya berwarna agak pucat.

2. Bau
Bau khas ikan asin akan mengundang lalat dan kucing untuk mendekat dan hinggap di ikan asin tersebut. Berbeda dengan ikan asin dengan bahan berbahaya, cenderung tidak dihinggapi lalat, bahkan kucing pun enggan untuk mendekatinya, apalagi mengkonsumsi ikan asin tersebut.

3. Tekstur
Tekstur ikan asin yang aman dikonsumsi biasanya mudah patah, pecah dan rapuh. Berbeda dengan ikan asin yang menggunakan borak atau tawas, cenderung agak alot dan susah untuk patahkan.

Sebagai konsumen, tentu kita harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan kita makan, walaupun itu sangat kecil seperti ikan asin. Karena konsumsi ikan asin mengandung boraks, pemutih dan tawas  dalam jangka waktu yang lama, tentu memberikan dampak negatif terhadap kesehatan.

Tip sebelum mengkonsumsi ikan asin:
Cuci ikan asin sebelum di goreng dengan air, untuk memperkecil residu yang terdapat dalam ikan asin. Jangan mudah tergiur dengan harga, baik itu murah atau pun mahal, tapi pastikan untuk menguji dengan beberapa metode di atas, untuk menghindari risiko penyakit di masa depan.

Namun Anda jangan takut untuk mengonsumsi ikan asin, karena kandungan gizinya cukup tinggi, terutama protein dalam ikan, yang sangat baik bagi perkembangan. Tapi batasi juga jangan sampai berlebihan mengonsumsinya.

Dikutip dari berbagai sumber dan literatur, diskusi, tugas kuliah serta pengalaman pribadi admin.
Posted by. Andi AM 

Bagi anda yang ingin copy paste artikel ini, maka admin mempersilahkan dengan senang hati (demi pengembangan ilmu pengetahuan)

Artikel Terbaru!
Recent Posts Widget
Ingat, Ada 8 Manfaat Dan Bahaya Ikan Asin Bagi Kesehatan. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Boegis Fashion
 

KIRIM PESAN ATAU TULISAN

Nama

Email *

Pesan *