Jumat, 21 April 2017

Cara Ampuh Mengatasi Flu, Bersin, Alergi Dan Masalah Hidung Lainnya

Pilek / flu (Rhinitis) merupakan kondisi dimana terdapat peradangan pada mukosa hidung sehingga muncul gejala hidung tersumbat atau malah hidung berair dan umumnya disertai keluhan sakit kepala.

Penyebab dari flu sendiri sangat beragam, seperti alergi, infeksi virus, dan bakteri. Secara umum dibagi sebagai rhinitis alergi dan non alergi. Penggunaan obat golongan antihistamin (contoh : loratadine) pada kondisi rhinitis alergi akan memberikan respon yang baik, namun pada kondisi non alergi memberi respon namun tidak terlalu signifikan.

Karena itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah rhinitis yang dialami merupakan alergi atau tidak. Tanda rhinitis alergi diantaranya : muncul keluhan pada saat malam dan pagi hari, keluhan disertai hidung berair (rhinorea) pada pagi hari, muncul pada kondisi tertentu (saat dingin, terkena paparan debu, dsb), terdapat riwayat alergi dikeluarga, memiliki alergi lain seperti alergi obat, makanan, cuaca, dsb. (BuktiinAja)

Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar tidak terjadi perburukan pada kondisi anda :
  1. Penuhi kebutuhan cairan anda setiap hari nya
  2. Hindari terpapar debu, polusi, dan asap rokok 
  3. Jaga kebersihan udara di lingkungan anda
  4. Konsumsi buah dan sayuran lebih banyak
  5. Konsumsi multivitamin yang dijual bebas di apotik
  6. Bila masih terasa demam dan kepala pusing, anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri / penurun panas seperti paracetamol
  7. Istirahat yang cukup (hindarai beraktifitas berlebih)
  8. Konsumsi obat antihistamin (yang anda miliki loratadine 10mg), dapat diberikan 1 (satu) kali sehari, dan gunakan saat anda tidak beraktifitas berat / mengemudi / mengoperasikan mesin (karena dapat menimbulkan rasa mengantuk)
Bila sudah mengikuti anjuran diatas dalam 2-3 hari tidak terdapat perbaikan kami sarankan anda menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru!
Recent Posts Widget
Cara Ampuh Mengatasi Flu, Bersin, Alergi Dan Masalah Hidung Lainnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Boegis Fashion
 

KIRIM PESAN ATAU TULISAN

Nama

Email *

Pesan *